Senin, 25 Oktober 2010

Mengenalkan Program Komputer Pada Anak

Mengenalkan komputer sudah bisa dimulai sejak dini. Apalagi sekarang banyak sekali program-program permainan edukatif yang khusus dirancang untuk pembelajaran anak. Aktivitas ini bahkan sudah bisa dikenalkan sejak anak berusia dini. Perkembangan internet juga semakin pesat. Semakin banyak interactive serta online games atau learning resource khusus anak.

Tujuan untuk mengenalkan computer bukan saja mengenalkan anak-anak sejak dini tentang perkembangan teknologi. Di lain sisi, computer dapat digunakan untuk meningkatkan ketrampilan tertentu. Ketrampilan yang paling mendasar adalah terlatihanya kemampuan motorik halus anak (koordinasi mata-tangan) ketika anak belajar mengendalikan kursos dengan mousenya. Khusus untuk programnya, kita dapat mengenalkan program sesuai kebutuhan anak, misalnya program untuk mengenalkan huruf dan angka, kemampuan memori, atau spasial.

Berikut ini ada beberapa tips yang dapat digunakan oleh orang tua saat mengawali pengenalan computer pada anak :
1. Pastikan dahulu sebelum mencoba
Sebelum duduk bersama anak untuk memainkan suatu program online, lakukan dahulu survei kecil-kecilan. Pastikan bahwa program tersebut tidak terlalu sulit (sehingga membuat anak frustasi) dan tidak terlalu mudah (tidak menantang) bagi anak. Pastikan juga online program tersebut sangat aman untuk anak anda, mengingat banyaknya isu mengenai kekerasan dan pornografi yang beredar bebas lewat internet. Sebaiknya tidak hanya mengandalkan rekomendasi dari orang lain tentang suatu online program. Lakukan riset sendiri tentang pas tidaknya program tersebut untuk anak anda.

2. Membangun percakapan dengan anak
Saat anda berada di depan computer dengan anak, bersikaplah aktif tidak sebatas pada tugas yang harus dipenuhi anak. Misalnya ketika ada program menghitung, anda hanya berbicara tentang hitungan saja. Cobalah kembangkan percakapan, misalnya menanyakan apa saja yang dilihat, berikan pendapat anda tentang apa yang dilakukan anda, dan sebagainya. Hal ini akan menjadi amat penting, khususnya jika anda tidak punya banyak waktu untuk berinteraksi dengan anak. Jadikan momen ini sebagai momen yang berkualitas.

3. Berikan kesempatan untuk mencoba
Bagi kita - orang dewasa - pasti sangat mudah memahami instruksi serta tugas yang harus dilakukan dalam suatu program online anak-anak. Namun hal itu berbeda dengan anak. Sebelum anda mengarahkan mereka, ajak anak anda melakukan eksplorasi. Bebaskan anak anda untuk mencoba meng”klik” sesuai pemahamannya. Tanyakan kepada mereka apa yang sedang mereka lakukan dan apa yang mereka inginkan. Berikan bantuan jika memang anak anda bertanya.

4. Langkah setiap anak berbeda
Kita tidak perlu terlalu mengkhawatirkan tentang berapa cepat atau lambat anak kita memahami konsep yang dikenalkan melalui program online tersebut. Tentu tidak perlu khawatir jika anak anda terasa lambat mencapai tujuan program tersebut. Ingat, dalam hal ini yang paling penting adalah PROSES bukanlah hasilnya. Yang paling penting adalah pastikan anak anda menikmati aktivitas itu.

5. Batasi waktu
Pembelajaran lewat compute memang suatu kegiatan yang sangat baik. Di sisi lain anak-anak membutuhkan pengalaman yang bervariasi pula dimana computer menjadi salah satu bagiannya. Oleh karena itu, batasi waktu bermain computer. Sepakati di awal kegiatan. Untuk anak-anak usia dini, 15 menit sampai 1 jam sudah lebih dari cukup untuk 1 sesi permainan.

1 komentar:

  1. Anak jaman sekarang lebih cepat mengenal aplikasi dengan adanya sarana belajar android.

    BalasHapus